PERAN KOPERASI PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN BERWIRAUSAHA PADA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang)


Nova lla Nur Syaadah, 5401416002 (2022) PERAN KOPERASI PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEMANDIRIAN BERWIRAUSAHA PADA SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5401416002 - Nova Ila Nur Syaadah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran serta strategi koperasi pondok pesantren dalam membentuk karakter kemandirian berwirausaha pada santri di Pondok pesantren Al-Asror Semarang. Pembentukan karakter ini digunakan untuk memudahkan dalam membentuk karakter kemandirian berwirausaha pada santri. Penelitian ini menggunakan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi sserta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan jiwa kemandirian berwirausaha santri sangatlah sentral dan penting karena akan berpengaruh terhadap kesiapan anak dalam menghadapi kondisi dimasa yang akan datang. Strategi yang dilakukan koperasi pondok pesantren dalam membentuk kemandirian santri koperasi pondok pesantren Al-Asror menggunakan strategi learning by doing (belajar sambil bekerja) atau praktik secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada pengamatan dilapangan strategi pondok pesantren dalam membentuk karakter kemandirian berwirausaha santri bisa dikatakan cukup berhasil, keberhasilan ini bisa dilihat dari beberapa keterangan santri dan alumni yang sudah memiliki usaha masing-masing. Dengan demikian, strategi pembentukan karakter bisa digunakan sebagai pendamping dalam membentuk karakter kemandirian berwirausaha santri kedepannya di Pondok Pesantren Al-Asror Semarang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, koperasi, kemandirian, wirausaha, santri
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY1 Kesejahteraan Keluarga S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 May 2023 01:03
Last Modified: 16 May 2023 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58464

Actions (login required)

View Item View Item