PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN INTERNET ADDICTION PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19


Dwi Susilowati, 1511415030 (2022) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KECENDERUNGAN INTERNET ADDICTION PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511415030 - Dwi Susilowati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat satuan pendidikan di Indonesia harus merubah sistem pembelajaran agar proses belajar mengajar tetap dapat berjalan lancar. Sistem belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara konvensional pada masa pandemi Covid-19 diubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau online. Perubahan sistem tersebut membuat para pelajar di Indonesia harus sering menggunakan internet. Penggunaan internet tanpa diimbangi dengan kemampuan regulasi diri yang baik dapat berakibat pada kecenderungan internet addiction. Hal tersebut yang mendorong peneliti untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap kecenderungan internet addiction pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana menggunakan bantuan software SPSS 24.0. Sampel pada penelitian ini berjumlah 262 mahasiswa dengan rentang usia 19 sampai 29 tahun yang diperoleh dengan teknik sampling teknik convenience sampling atau biasa disebut dengan accidental sampling. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya skala Kuesioner Diagnostik Adiksi Internet (KDAI) yang terdiri dari 44 item dan skala The Self-Regulation Questionnaire (SRQ) yang terdiri dari 48 item. Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung adalah 4,824 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,029 atau kurang dari 0,05 dengan nilai R square sebesar 0,018. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara regulasi diri terhadap kecenderungan internet addiction selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 dengan besaran pengaruh 18%. Didukung dengan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan 92% atau 241 subjek mahasiswa yang mengalami internet addiction berada pada tingkat regulasi diri sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Regulasi diri dan Kecenderungan internet addiction
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 04:14
Last Modified: 15 May 2023 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58416

Actions (login required)

View Item View Item