ANALISIS PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE HOME (FTTH) DENGAN TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DI PERUMDA GEDANGANAK


Ahmad Faisal Alfarisi, .5311417041 (2022) ANALISIS PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE HOME (FTTH) DENGAN TEKNOLOGI GIGABIT PASSIVE OPTICAL NETWORK (GPON) DI PERUMDA GEDANGANAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5311417041 - Faisal Alfarisi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini jaringan internet sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Serat optik adalah media transmisi yang dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas lebih besar daripada kabel tembaga dan teknologi ini disebut JARLOKAF (Jaringan Lokal Akses Fiber). Dengan menerapkan layanan GPON maka layanan FTTH sampai ke user hingga memenuhi kecepatan 2Gbps. Penelitian ini bertujuan untuk merancang jaringan FTTH dan mengidentifikasi peningkatan rugi-rugi daya atau redaman yang timbul. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan hasil redaman yang timbul antara simulasi, perhitungan menggunakan rumus, dan pengukuran langsung. Selanjutnya menganalisis nilai redaman pada masing-masing piranti yang digunakan pada jaringan FTTH di Perumda Gedanganak. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil yaitu pada perancangan jaringan akses FTTH kali ini membutuhkan perangkat 2 buah MS (Main Splitter), 13 buah ODP (Optical Distribuition Cabinet) yang mampu melayani tidak kurang dari 100 calon pelanggan atau bangunan. Selanjutnya diperoleh rata-rata redaman pada jaringan akses FTTH melalui pengukuran dengan software optical system tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan dengan metode power link budget yakni - 19,997 dBm dan -19,96 dBm. Penyebab peningkatan nilai rugi-rugi daya atau redaman pada fiber optik adalah banyaknya splice/sambungan, pada setiap kabel, banyaknya konektor yang digunakan, dan panjang kabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fiber Optik, FTTH, GPON, Optical Distribution Point, Power Reciver
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2023 04:14
Last Modified: 15 May 2023 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58412

Actions (login required)

View Item View Item