PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK MATERI TARI KREASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VI SD N BOJONGSALAMAN 02 SEMARANG


Fitrizki Xena Masitoh, 1401418390 (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK MATERI TARI KREASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VI SD N BOJONGSALAMAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418390- FITRIZKI XENA MASITOH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Tari kreasi merupakan jenis tari tradisional yang diinovasikan dengan menggunakan perpaduan pada gerak tari modern dengan tari tradisional. Faktanya banyak siswa yang kesulitan memahami tari kreasi. Media pembelajaran di sekolah hanya berisi tulisan dan gambar yang tidak relevan, tidak berisi video tutorial tentang menari, membuat siswa merasa kesulitan. Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berbantuan aplikasi tiktok, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran, dan 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar seni tari siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kuantitatif. Model pengembangan produk yang digunakan adalah model ADDIE (analyz, design, develop, implement dan evaluate). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yitu wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk multimedia interaktif berbantuan aplikasi tiktok materi tari kreasi dikembangkan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa melalui model pengembangan ADDIE, 2) produk mendapatkan skor persentase 78% untuk ahli materi dan 90% untuk ahli media dan dinyatakan layak digunakan, 3) produk multimedia interaktif berbantuan aplikasi tiktok berhasil meningkatkan hasil belajar siswa melalui pre-post test dari 52 menjadi 77 dan ketuntasan siswa sebesar 88%, serta rata-rata uji N-gain mendapatkan skor 0,72 yang menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-post test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif berbantuan aplikasi tiktok materi tari kreasi dibuat berdasarkan kebutuhan guru dan siswa, dinyatakan layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar seni tari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan multimedia interaktif, aplikasi tiktok, tari kreasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 03:27
Last Modified: 15 May 2023 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58407

Actions (login required)

View Item View Item