ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS TEMATIK PERSADA TEMA 7 KEPEMIMPINAN UNTUK SD/MI KELAS VI


Melly Dwiana Putri, 1401418385 (2022) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA LKS TEMATIK PERSADA TEMA 7 KEPEMIMPINAN UNTUK SD/MI KELAS VI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418385 - Melly Dwiana Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal ditemukan ketidaklengkapan dan ketidaksesuaian pada instrumen penilaian autentik pada LKS Tematik Persada Tema Kepemimpinan untuk SD/MI Kelas VI. Masih terdapat instrumen penilaian yang tidak sesuai dengan kriteria penulisan butir soal sehingga menurunkan kualitas instrumen penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian instrumen penilaian autentik pada buku penunjan kelas VI Tema 7 Kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitaian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis instrumen ranah pengetahuan dilakukan dengan cara butir-butir soal disesuaikan dengan aspek materi, konstruksi, bahasa, dan distribusi jenjang ranah pengetahuan taksonomi Bloom, sedangkan analisis instrumen penilaian pada ranah sikap dan ranah keterampilan dilakukan dengan cara instrumen penilaian disesuaikan dengan kriteria penulisan instrumen dan distribusi jenjang ranah sikap dan ranah keterampilan dan analisis distribusi jenjang ranah sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) instrumen penilaian ranah pengetahuan bentuk soal pilihan ganda, jawaban singkat, dan uraian ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi 0,83 dan berkategori ‘sangat tinggi’ dan distribusi jenjang ranah pengetahuan pada butir-butir soal latihan dalam LKS kelas VI Tema Kepemimpinan tidak merata; (2) instrumen penilaian ranah sikap, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi 0,00 dan berkategori ‘sangat rendah’ dan distribusi jenjang ranah sikap dalam LKS kelas VI Tema Kepemimpinan tidak merata; (3) instrumen penilaian ranah keterampilan, ditinjau dari kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi 0,00 dan berkategori ‘sangat rendah’ dan distribusi jenjang ranah keterampilan dalam LKS kelas VI Tema Kepemimpinan tidak merata. Simpulan penelitian ini menunjukan, instrumen penilaian autentik dalam LKS kelas VI Tema Kepemimpinan pada ranah pengetahuan memiliki kualitas dan kesesuaian yang baik, sedangkan pada ranah sikap dan keterampilan memiliki kualitas dan kesesuaian tidak baik. Disarankan kepada guru, sebaiknya guru memperhatikan kesesuain dan kualitas instrumen penilaian autentik dan persebaran distribusi jenjang ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis instrumen; LKS; Penilaian Autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 03:17
Last Modified: 15 May 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58405

Actions (login required)

View Item View Item