HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA


Anik Listianah, 1401418302 (2022) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS GAJAH MADA KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418302 - Anik Listianah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi penelitian menunjukkan adanya permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara yang diketahui bahwa hasil belajar muatan pelajaran IPS pada ranah kognitif masih rendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas, diperoleh data bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya pendampingan dan perhatian orang tua menjadikan minat belajar siswa terhadap muatan pelajaran IPS siswa berkurang. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Menguji hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS. 2) Menguji hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS. 3) Menguji hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara dengan subjek sebanyak 154 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2022 semester genap tahun ajaran 2021/2022. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik simple random sampling dengan sejumlah 110 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi perhatian orang tua, minat belajar dan hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini yaitu angket perhatian orang tua, angket minat belajar dan dokumentasi hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji prasyarat pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, uji signifikansi, dan uji determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai r hitung lebih besar daripada r tabel yaitu 0,525 > 0,1874 dalam kategori sedang. 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai r hitung lebih besar daripada r tabel yaitu 0,469 > 0,1874 dalam kategori sedang. 3). terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai rhitung > rtabel atau 0,599 > 0,1874 dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Gajah Mada Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Saran peneliti bagi orang tua diharapkan dapat meningkatkan perhatiannya terhadap kegiatan belajar anak sehingga dapat menumbuhkan minat belajar anak dan hasil belajar yang dicapai dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, kebiasaan belajar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 03:05
Last Modified: 15 May 2023 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58402

Actions (login required)

View Item View Item