HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


Laeli Fitri Handayani, 1401418295 (2022) HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS SRIKANDI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418295 - Laeli Fitri Handayani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar peserta didik menjadi salah satu penentu keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Literasi digital dan motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, terdapat permasalahan pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang, yaitu hasil belajar IPS siswa masih rendah ditandai dengan adanya tingkat ketuntasan kurang dari 71%. Selain itu, tingkat literasi digital dan motivasi belajar dari siswa berbeda-beda. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menguji hubungan antara literasi digital dengan hasil belajar IPS, (2) menguji hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, (3) menguji hubungan literasi digital dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang pada bulan Januari-April 2022. Populasi penelitian ini sejumlah 137 siswa dan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana, korelasi ganda, regresi linier sederhana, regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,684, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 46,8%, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,728, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, nilai rhitung = 0,732, termasuk dalam kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53,6%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi digital dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Saran bagi sekolah, guru, dan orang tua hendaknya dapat membangkitkan dan meningkatkan literasi digital dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, motivasi belajar, literasi digital
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 May 2023 02:57
Last Modified: 15 May 2023 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58395

Actions (login required)

View Item View Item