Persepsi Guru Non-Penjasorkes Terhadap Kompetensi Guru Penjasorkes Tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Tahun 2008


Agus Budi Kurniawan, 2008 (2008) Persepsi Guru Non-Penjasorkes Terhadap Kompetensi Guru Penjasorkes Tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Tahun 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Guru Non-Penjasorkes Terhadap Kompetensi Guru Penjasorkes Tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Tahun 2008]
Preview
PDF (Persepsi Guru Non-Penjasorkes Terhadap Kompetensi Guru Penjasorkes Tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Tahun 2008) - Published Version
Download (39kB) | Preview

Abstract

Kurniawan, Agus Budi. 2008. Persepsi Guru Non-Penjasorkes Terhadap Kompetensi Guru Penjasorkes Tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Tahun 2008. Skripsi. Jurusan Penjasorkes Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing utama: Drs. Mugiyo Hartono, M.Pd , Pembimbing Pendamping: Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. Kata kunci : persepsi dan kompetensi Dalam penelitian ini permasalahan yang diangkat adalah bagaimana persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru Penjasorkes tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2008 ”. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru Penjasorkes tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh informasi persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru Penjasorkes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru non-Penjasorkes yang berjumlah 120 guru. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 120 guru. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi guru non-Penjasorkes terhadap kompetensi guru Penjasorkes tingkat SMP Negeri Se-Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2008 mempunyai persepsi yang tinggi. Hal ini disebabkan guru telah memiliki kualifikasi kompetensi yang tinggi, yang meliputi 1) persepsi guru non-Penjasorkes terhadap guru Penjasorkes tentang kompetensi kepribadian sebagai pendidik menunjukan rata-rata persentase sebesar 78,19% sehingga memenuhi kategori tinggi, 2) persepsi guru non-Penjasorkes terhadap guru Penjasorkes tentang kompetensi pedagogik menunjukan rata-rata persentase sebesar 72,01% sehingga memenuhi kategori tinggi, 3) persepsi guru non-Penjasorkes terhadap guru Penjasorkes tentang kompetensi profesional sebagai pendidik menunjukan rata-rata persentase sebesar 68,61% sehingga memenuhi kategori tinggi, dan 4) persepsi guru non-Penjasorkes terhadap guru Penjasorkes tentang kompetensi sosial sebagai pendidik menunjukan rata-rata persentase sebesar 69,35% sehingga memenuhi kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi guru non-Penjasorkes terhadap guru Penjasorkes tingkat SMP Negeri di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2008 menunjukkan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan untuk tetap mempertahankan bahkan lebih meningkatkan mutu pelaksanaan Penjasorkes tingkat SMP di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, maka para guru harus lebih kreatif dalam menciptakan metode pembelajaran sesuai kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi dan kompetensi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2011 00:50
Last Modified: 19 Oct 2011 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item