Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika.


Sunawan, FIP Bimbingan Konseling (2018) Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mata Pelajaran Matematika. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7 (4). ISSN 2252 - 6374

[thumbnail of 18. Minat dan Efikasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik.pdf] PDF - Published Version
Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP N 3 Ungaran baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 172 dari populasi 342 siswa dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Adapun teknik analisis data dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara minat dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika memiliki hubungan signifikan (R=0,019; F(1,1667)=19,286; p=<0,05). Kemudian antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika memiliki hubungan yang signifikan (R = 0,837, F(3,168) = 131,458, p = <0,05). Begitu pula antara minat dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran matematika memiliki hubungan yang signifikan( R = 0,843, F(2,169) = 207,854, p = <0,05). Berdasarkan hasil penelitian guru Bimbingan dan Konseling disarankan memberikan layanan BK untuk menurunkan prokrastinasi akademik melalui pengembangan minat dan efikasi diri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self efficacy, interest, academic procrastination
Subjects: L Education > L Education (General) > Interest to Learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 May 2023 01:04
Last Modified: 15 May 2023 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58361

Actions (login required)

View Item View Item