Kontribusi Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMP.
Sunawan, FIP Bimbingan Konseling (2018) Kontribusi Empati dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Prososial Siswa di SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7 (2). ISSN 2252 - 6374
PDF
- Published Version
Download (326kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku prososial, empati, dan dukungan sosial teman sebaya, serta kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa di SMP Negeri seSub Rayon 3 Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan 330 responden yang diperoleh menggunakan area random sampling. Angket perilaku prososial, skala empati, dan skala dukungan sosial teman sebaya digunakan dalam pengumpulan data dengan reliabilitas 0,737, 0,703, dan 0,733. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa SMP Negeri di Sub Rayon 3 Kabupaten Banyumas mempunyai perilaku prososial yang tergolong tinggi (76%), empati yang tergolong cukup tinggi (59%), dan dukungan sosial teman sebaya yang tergolong cukup tinggi (63%). Kemudian hasil penelitian menunjukan bahwa ada kontribusi empati dan dukungan sosial teman sebaya terhadap perilaku prososial siswa (F(8,329)=30,482, p<0,05) sebesar 47,2% terdiri dari 36,6% untuk empati dan 6,6% untuk dukungan sosial teman sebaya, sedangkan sisanya diprediksikan disumbangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empathy, social support from colleague, prosocial behaviour |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 15 May 2023 00:59 |
Last Modified: | 15 May 2023 00:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58358 |
Actions (login required)
View Item |