(ABSTRAK) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2007 DAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Titik Kurniawati, 7101406647 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2007 DAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2007 DAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2007 DAN 2008 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (139kB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Minat dan intelegensi adalah faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar. Minat yang dimaksud adalah minat menjadi guru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini Apakah minat menjadi guru dan intelegensi berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2007 dan 2008 Unnes?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah minat menjadi guru dan intelegensi berpengaruh terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2007 dan 2008 Unnes. Populasi penelitian 228 mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2007 dan 2008. Sampel 145 mahasiswa dilakukan dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang dikaji prestasi belajar, minat menjadi guru akuntansi, dan intelegensi. Sumber data menggunakan dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian secara deskriptif rata-rata prestasi belajar mahasiswa dalam kategori baik (70%), minat mahasiswa untuk menjadi guru akuntansi dalam kategori tinggi (77%), serta intelegensi mahasiswa dalam kategori pandai (50%). Berdasarkan hasil penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkan ada pengaruh secara simultan antara minat menjadi guru dan intelegensi terhadap prestasi belajar mahasiswa (41,6%), minat menjadi guru berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar mahasiswa (31,81%) serta intelegensi berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar mahasiswa (6,92%). Kesimpulan dari penelitian adalah variabel minat menjadi guru dan intelegensi mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar mata kuliah akuntansi mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar mahasiswa yang memutuskan masuk program ilmu pendidikan akuntansi hendaknya mempunyai minat menjadi guru akuntansi yang tinggi agar dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi, bagi jurusan dalam menerima calon mahasiswa baru perlu mempertimbangkan minat mahasiswa untuk menjadi guru dan intelegensinya, karena dengan minat dan intelegensi yang tinggi seseorang lebih mudah dalam belajar sehingga prestasi yang didapat bisa maksimal, dan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian serupa karena prestasi belajar akuntansi dalam penelitian ini hanya dipengaruhi oleh dua variabel saja sehingga peneliti selanjutnya dapat menambah variabel lain dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Minat Menjadi Guru, Intelegensi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2011 00:46
Last Modified: 19 Oct 2011 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item