Analisis Soal Ulangan Bahasa Jawa yang Digunakan Se-SMA Kabupaten Karanganyar Kelas XI SMA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008 / 2009 ( Bersdasarkan Tes Bahasa Komunikatif ).
Dwi Warsiti, 2009 (2009) Analisis Soal Ulangan Bahasa Jawa yang Digunakan Se-SMA Kabupaten Karanganyar Kelas XI SMA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008 / 2009 ( Bersdasarkan Tes Bahasa Komunikatif ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Soal Ulangan Bahasa Jawa yang Digunakan Se-SMA Kabupaten Karanganyar Kelas XI SMA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008 / 2009 ( Bersdasarkan Tes Bahasa Komunikatif ).)
- Published Version
Download (21kB) | Preview |
Abstract
Warsiti, Dwi. 2009. Analisis Soal Ulangan Bahasa Jawa yang Digunakan Se-SMA Kabupaten Karanganyar Kelas XI SMA Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008 / 2009 ( Bersdasarkan Tes Bahasa Komunikatif ). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Endang Kurniati, M. Pd, Pembimbing II: Dra. Esti Sudi Utami M. Pd. Kata Kunci: tes, syarat-syarat tes, fungsi tes, tes bahasa komunikatif, kurikulum bahasa Jawa. Tes merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Tes pengajaran bahasa Jawa adalah salah satu tes yang diikut sertakan dalam ulangan akhir semester. Soal ulangan tes mata pelajaran bahasa Jawa yang digunakan di Kabupaten Karangtanyar tingkat SMA kelas XI selama ini masih banyak yang tidak komunikatif. Soal tes bahasa Jawa yang komunikatif adalah soal yang mencakup empat keterampilan berbahasa (mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara ) serta sesuai dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggolongan soal berdasarkan empat keterampilan berbahasa? (2) Apakah soal-soal tes bahasa Jawa Se-Kabupaten Karanganyar kelas XI SMA sudah komunikatif dan sesuai dengan kurikulum? Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penggolongan soal tes bahasa Jawa berdasarkan empat keterampiplan berbahasa dan mengetahui soal tes bahasa Jawa yang sudah komunikatif dan tidak komunikatif serta kesesuain antara soal dengan kurikulum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah ulangan akhir semester ganjil tahun ajaran 2008 / 2009, sedangkan datanya adalah soal ulangan akhir semester ganjil tahun ajaran 2008 / 2009. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, dan teknik simak. Hasil penelitian mnunjukkan bahwa soal-soal tes bahasa Jawa yang digunakan dalam ulangan akhir semester ganjil tahun ajaran 2008 / 2009 beluim mencakup empat keterampilan berbahasa. Seoal-soal tersebut hanya mencakup 2 keterampilan berbahasa saja yaitu keterampilan membaca dan menulis. Soal tes membaca ada 19 butie, 5 soal tes membaca berita, 11 soal tes membaca huruf Jawa, 2 soal membaca rumpang, 1 soal membaca geguritan, dan 1 soal menulis huruf Jawa. Selain itu juga ditemukan soal tes komunikatif dan tidak komunikatif. 18 soal dari 50 soal diantaranya sudah komunikatif yaitu soal yang sudah sesuai dengan kehidupan nyata dan benar-benar mampu mengukur kemampuan berbahasa siswa., sedangkan yang 32 soal adalah soal yang tidak komunikatif. 30 soal diantaranya masih bersifat teoretis, 1 soal yang maknanya tidak dapat dipahami siswa, dan 1 soal yang pilihan jawabannya tidak sesuai dengan bacaan yang ada pada soal. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diberikan kepada para guru dan calon guru khususnya guru bahasa Jawa adalah agar lebih hati-hati lagi dalam membuat maupun memilih soal yang akan digunakan untuk soal ulangan akhir semester serta sebaiknya dalam membuat soal guru berpedoman pada kurikulum dan materi yang digunakan sesuai dengan kehidupan nyata agar soal yang dibuat benar-benar komunikatif dan sesuai dengan kurikulum.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tes, syarat-syarat tes, fungsi tes, tes bahasa komunikatif, kurikulum bahasa Jawa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 19 Oct 2011 00:36 |
Last Modified: | 19 Oct 2011 01:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5828 |
Actions (login required)
View Item |