Manajemen Pembelajaran Pada Kursus Toefl Camp di Lembaga Elfast Kampung Inggris-Pare Kabupaten Kediri
Tri Joko Raharjo, FIP PLS (2020) Manajemen Pembelajaran Pada Kursus Toefl Camp di Lembaga Elfast Kampung Inggris-Pare Kabupaten Kediri. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 5 (2). ISSN 2745-3944
PDF
- Published Version
Download (585kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran kursus TOEFL camp di Lembaga Elfast. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaiu 1 pengelola, 6 tutor dan 5 peserta kursus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interakti miles-huberman. Hasil penelitian menunjukkan 1) perencanaan pembelajaran tidak disusun terstruktur dan sistematis. Tutor menyusun materi dan jadwal, memilih media, metode sesuai materi, kondisi peserta, dan kemampuan tutor, 2) pelaksanaan pembelajaran di kelas dan camp meliputi kegiatan pembuka, inti dan penutup, dengan ceramah, diskusi, game, punishment, reward. Tutor memberi bimbingan dan tindak lanjut, 3) evaluasi pembelajaran dengan tes melalui 13 kali penskoran 4) faktor pendukung pembelajaran yaitu tutor berpengalaman, lingkungan belajar, sistem scanning untuk penskoran. Faktor penghambat meliputi perbedaan kemampuan dasar bahasa Inggris peserta, jadwal mengajar tutor camp terlalu padat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pembelajaran, kursus TOEFL camp |
Subjects: | L Education > Educational Institutions > school management |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 10 May 2023 06:58 |
Last Modified: | 10 May 2023 06:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58251 |
Actions (login required)
View Item |