Pengaruh Model Problem based learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika


Tri Joko Raharjo, FIP PLS (2022) Pengaruh Model Problem based learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 8 (1). pp. 85-96. ISSN 2460-4399

[thumbnail of 39. Pengaruh Model Problem based learning dalam Meningkatkan Motivasi.pdf] PDF - Published Version
Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Gebang pada pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar yang ada di Gebang Kecamatan Gemuh yang telah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu peserta didik kelas IV SDN 1 Gebang, SDN I Cepoko Mulyo, SDN 1 Galih, SDN 1 Gemuhblanten dan SDN 1 Sojomerto masing-masing sebanyak 30 peserta didik dan sampel dari penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Gebang dengan jumlah 30 pesertadidik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan dua tahap, yaitu tahap awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, tahap akhir menggunakan uji normalitas, uji hipotesis berpasangan dan uji hipotesis parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020 menunjukan tingkat frekuensi yaitu sebesar 21,52 (sedang) (2). Motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020 menunjukan tingkat frekuensi sedang yaitu sebesar 21,20, (3). Hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pretest sebesar 61,3 dan dari tahap posttest sebesar 67,6, hal ini menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelajaran matematika mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 10,28% (4) Hipotesis “Terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Problem based learning pada pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal,” dapat diterima. (5) Hipotesis “Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 1 Gebang Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal,” dapat diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Hasil belajar; Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 May 2023 06:50
Last Modified: 10 May 2023 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58248

Actions (login required)

View Item View Item