Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Kesiapan Menjadi Guru


Jarot Tri Bowo Santoso, - Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Kesiapan Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal.

[thumbnail of 12. Peran Efikasi Diri dalam Memediasi Kesiapan Menjadi Guru.pdf] PDF
Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ingin mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung persepsi pendidikan profesi guru, pendidikan profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan menjadi guru melalui efikasi diri. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa tingkat kesiapan menjadi guru pada mahasiswa dalam ketegori tinggi, persepsi mahasiswa mengenai profesi guru dalam kategori baik, persepsi mahasiswa mengenai program pendidikan profesi guru (PPG) dalam kategori baik, lingkungan keluarga mahasiswa dalam kategori baik, serta tingkat efikasi diri yang dimiliki mahasiswa dalam kategori tinggi. Sedangkan persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, dan efikasi diri secara langsung berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa sedangkan persepsi pendidikan profesi guru (PPG) secara langsung tidak berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa. Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa secara tidak langsung persepsi profesi guru, persepsi pendidikan profesi guru (PPG), dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa melalui efikasi diri.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 May 2023 03:27
Last Modified: 10 May 2023 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58213

Actions (login required)

View Item View Item