Mengoptimalkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui Eksplorasi Lingkungan di SMA 1 Bawang


Setyaning Hariasri , 4401406508 (2011) Mengoptimalkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui Eksplorasi Lingkungan di SMA 1 Bawang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Mengoptimalkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui Eksplorasi Lingkungan di SMA 1 Bawang]
Preview
PDF (Mengoptimalkan Hasil dan Aktivitas Belajar pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria melalui Eksplorasi Lingkungan di SMA 1 Bawang) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan metode eksplorasi lingkungan melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai fakta dan konsep tentang materi yang dipelajarinya. Siswa kelas X SMA 1 Bawang masih mengalami kesulitan dalam materi Archaebacteria dan Eubacteria. Pembelajaran Biologi hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Hal ini berdampak pada beberapa nilai hasil belajar siswa belum mencapai ketuntasan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah melalui eksplorasi lingkungan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA 1 Bawang. Hasil belajar dikatakan optimal apabila nilai ≥ 70 dapat dicapai oleh ≥ 85% dari jumlah siswa dan ≥ 75% siswa aktif. Penelitian ini dilakukan pada kelas X1 dan X2 dengan desain One-Shot Case Study. Sumber data yang diambil meliputi aktivitas siswa, hasil belajar siswa,kinerja siswa, kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar siswa seluruh kelas mencapai nilai > 70. Aktivitas siswa kelas X-1 berturut-turut mencapai 84% (kriteria sangat tinggi) dan 16% (kriteria tinggi). Kelas berikutnya X-2 mencapai 81% (kriteria sangat tinggi) dan 19% (kriteria tinggi). Kinerja dalam pembelajaran kelas X-1 95% (kriteria baik) dan 5% (kriteria cukup). Kemudian kelas berikutnya X-2 95% (kriteia baik) dan 5% (kriteria cukup). Siswa dan guru memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran Archaebacteria dan Eubacteria menggunakan metode eksplorasi lingkungan. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Archaebacteria dan Eubacteria melalui eksplorasi lingkungan dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa di SMA 1 Bawang dengan ketuntasan belajar siswa kelas X-1 dan X-2 mencapai nilai > 70 dapat dicapai oleh > 100 dari jumlah siswa serta > 82 siswa aktif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Archaebacteria dan Eubacteria, eksplorasi lingkungan, aktivitas dan hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2011 00:16
Last Modified: 25 Apr 2015 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item