KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS SISTEM ADMINISTRASI KURIKULUM (SIAKUR) MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) DI MAN 2 BANJARNEGARA


Makhfud Zakaria Al Ghozali, 5302415045 (2022) KELAYAKAN DAN EFEKTIVITAS SISTEM ADMINISTRASI KURIKULUM (SIAKUR) MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD) DI MAN 2 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5302415045 - Makhfud Zakaria Al Ghozali.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan pendidikan merupakan pengaturan kewenangan penyelenggaraan pendidikan suatu negara oleh pemerintah, pemerintah, provinsi, pemerintah kota/daerah, penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat dan satuan pendidikan supaya proses pendidikan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. MAN 2 Banjarnegara sebagai salah satu instansi pendidikan yang ada di kabupaten Banjarnegara dalam pelaksanaan administrasi kurikulum sudah menggunakan website. Permasalahan yang muncul antara lain menu kurikulum yang tersedia di website sekolah belum mencakup sebagian besar tugas pokok dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, data perangkat pembelajaran yang disetorkan secara perseorangan menggunakan flashdisk masih belum efektif serta belum adanya sistem yang secara khusus disediakan untuk mengelola administrasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem administrasi kurikulum di MAN 2 Banjarnegara, mengetahui kelayakan dan efektivitas dari sistem yang dikembangkan. Penelitian dilaksanakan dengan menerapkan metode user centered design (UCD). Metode ini terbagi menjadi beberapa tahap meliputi menentukan konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, membuat desain solusi dan evaluasi desain solusi. Pengujian dalam penelitian ini ada dua yaitu uji kelayakan dan uji efektivitas sistem administrasi kurikulum. Pengujian kelayakan dilakukan kepada ahli media guna mengetahui kelayakan dari sistem yang dikembangkan. Pengujian efektivitas dilakukan kepada 20 guru dan staf MAN 2 Banjarnegara guna mengetahui keefektifan sistem pada saat digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media memperoleh persentase uji sebesar 96,25% dan uji efektivitas yang dilakukan oleh 20 guru dan staf MAN 2 Banjarnegara memperoleh persentase uji sebesar 88,85%. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang diperoleh, maka sistem administrasi kurikulum yang dikembangkan sudah sangat layak untuk digunakan dan sistem sudah sangat efektif untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan administrasi terkait dengan pengelolaan kurikulum. Diharapkan bagi pengguna untuk menggunakan sistem administrasi kurikulum yang telah dikembangkan guna menunjang pengelolaan administrasi kurikulum yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kelayakan, Sistem Administrasi Kurikulum
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 May 2023 06:40
Last Modified: 09 May 2023 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58160

Actions (login required)

View Item View Item