PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN SEKARAN 2 GUNUNGPATI SEMARANG


Giat Haryo Martono, 5302414044 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN SEKARAN 2 GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5302414044 - Giat Haryo Martono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mempengaruhi pola kegiatan belajar mengajar siswa dari tatap muka di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 adalah ponsel cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang efektif dengan tema materi “Gaya dan Gerak” untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas IV. Pengambilan Sample dilakukan di SDN Sekaran 2 Gunung Pati, Semarang. Jumlah sample dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations. Jenis data yang dikumpulkan pada pengambangan media pembelajaran Gaya dan Gerak akan berupa jenis data kuantitatif sebagai data pokok. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, penggunaan angket, serta pre-test dan post-test dalam pengambilan data siswa. Hasil dari uji angket kelayakan media yang dilakukan oleh satu orang ahli media serta satu orang ahli materi dengan nilai persentase 79% dan 81%. Sementara hasil uji angket kepraktisan media oleh satu orang guru dengan nilai 90%. Serta hasil uji pre-test dan post-test pada siswa yang dihitung menggunakan metode vii Shapiro Wilk dengan hasil p < 0.05, selanjutnya dengan metode Wilcoxon Sign Rank Test dengan hasil p ≤ 0,05 atau terdapat perbedaan dari kedua data tersebut, dan nilai rata-rata persentase N-Gain berkisar 62,5260%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang diujikan cukup efektif dalam pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, R&D, ADDIE, Gaya dan Gerak, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2023 03:57
Last Modified: 08 May 2023 03:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58101

Actions (login required)

View Item View Item