PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE,REVIEW) MELALUI PENDEKATAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI 31 SEMARANG


Ulfi Dwi Prasetyani, 1102406017 (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY,QUESTION, READ, REFLECT, RECITE,REVIEW) MELALUI PENDEKATAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP NEGERI 31 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101.pdf]
Preview
PDF
Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan penggunaan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick terhadap peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah di SMP Negeri 31 Semarang Tahun 2010. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sejumlah 38 siswa, penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yang setiap siklusnya diadakan tes objektif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 50% dan nilai rata-rata kelas baru mencapai Nilai rata- rata kelas (65,79) nilai ketuntasan belajar klasikal (47,37), nilai ketuntasan belajar individu (66,67), kemudian pada siklus II persentase keaktifan siswa 75% dan nilai rata-rata meningkat menjadi (71,40) nilai ketuntasan belajar klasikal (55,26), nilai ketuntasan belajar individu (80,00), dan pada siklus III persentase keaktifan siswa 95% dan nilai rata- rata kelas (74,21) nilai ketuntasan belajar klasikal (76,32), nilai ketuntasan belajar individu (80,00).Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick terhadap peningkatan hasil belajar biologi pokok bahasan sistem peredaran darah mampu meningkatkan keaktifan bertanya dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 31 SEMARANG Tahun 2010. Disarankan kepada guru biologi untuk menggunakan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar biologi. Adanya peningkatan kesiapan guru dan sekolah dalam memberikan metode belajar lain dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick supaya siswa tidak jenuh. Kesiapan sarana dan prasarana juga dibutuhkan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Belajar SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2011 04:56
Last Modified: 30 Mar 2011 04:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item