PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN SEKARAN 02 GUNUNGPATI SEMARANG


Amin Sharul Kasani, 5302414013 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN SEKARAN 02 GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5302414013 - Amin Sharul Kasani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kelestarian Bahasa Jawa, salah satunya dengan menjadikan Bahasa Jawa sebagai mata pelajaran yang harus dipelajari di jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang efektif dengan tema materi “Aksara Jawa” untuk siswa Sekolah Dasar kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangannya adalah ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif. Pengambilan sample dilakukan di SDN 2 Sekaran Gunungpati, Semarang. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, penggunaan angket, serta uji media pembelajaran kepada 28 siswa. Hasil dari uji angket kelayakan media yang dilakukan oleh satu orang ahli media dan satu orang ahli materi mendapat nilai presentase 79% dan 81% serta hasil uji angket kepraktisan dari satu orang guru mendapatkan nilai 92%. Dan dari hasil pre-test dan post-test yang mendapatkan hasil rata-rata 57,78 dan 75,35 serta dari analisa menggunakan paired sample t-test dengan nilai p < 0.05 dapat disimpulkan bahwa media tersebut efektif untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Android, R&D, ADDIE, Aksara Jawa, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2023 03:29
Last Modified: 08 May 2023 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58099

Actions (login required)

View Item View Item