Transvisi Bervisi SETS sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor Terintegrasi dalam Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar


Ifa Seftia Rakhma W. , 4201407016 (2011) Transvisi Bervisi SETS sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor Terintegrasi dalam Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Transvisi Bervisi SETS sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor Terintegrasi dalam Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar]
Preview
PDF (Transvisi Bervisi SETS sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor Terintegrasi dalam Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Isi buku pelajaran di Indonesia belum sepenuhnya memiliki wawasan Science Environment Technology Society (SETS). Buku pelajaran yang ada masih sekedar menyampaikan materi/konsep, tetapi keterkaitan positif dan negatif antara konsep dengan lingkungan, teknologi, dan kemasyarakatan tidak dikedepankan oleh penulisnya. Sebagai akibatnya, pembaca memiliki pemahaman terkotak tentang sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Oleh sebab itu perlu dikembangkan media pembelajaran bervisi SETS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media transvisi (transparansi visual) bervisi SETS terintegrasi dalam materi gaya yang dapat menambah pengetahuan siswa kelas IV tentang bencana tanah longsor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang meliputi 3 tahap, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Implementasi media transvisi menggunakan desain posttest-only control design dengan subjek kelas IV SDN 1 Sendang Mulyo tahun ajaran 2010/ 2011. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajar menggunakan media transvisi yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan kelompok kontrol diajar menggunakan buku ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media transvisi bervisi SETS terintegrasi dalam materi gaya dihasilkan model media transvisi yang terdiri atas beberapa bagian yaitu sampul depan (cover), daftar isi, kata pengantar, petunjuk penggunaan media transvisi, petunjuk belajar, rincian SK, KD, dan tujuan pembelajaran, peta konsep, isi (materi), rangkuman, contoh keterkaitan SETS, tugas terintegrasi, glosarium, soal-soal latihan, kunci jawaban, dan daftar pustaka. Hasil validasi oleh 10 validator yang merupakan guru kelas IV dari 8 sekolah dasar di kecamatan Sarang kabupaten Rembang menunjukkan media yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kategori valid digunakan di kelas IV sekolah dasar. Hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih besar daripada kelompok kontrol dan data angket siswa kelompok eksperimen terhadap pembelajaran menggunakan media transvisi menunjukkan bahwa media transvisi efektif digunakan oleh siswa sekolah dasar kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transvisi, SETS, gaya
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Oct 2011 07:45
Last Modified: 25 Apr 2015 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5803

Actions (login required)

View Item View Item