Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang Model Assessment Kompetensi Minimal (AKM) Melalui Lokakarya


Saiful, Ridlo Peningkatan Pengetahuan Guru Tentang Model Assessment Kompetensi Minimal (AKM) Melalui Lokakarya. Jurnal Profesi Keguruan, 8 (1). pp. 120-128. ISSN 2460-4399

[thumbnail of Artikel] Other (Artikel)
Download (32kB)

Abstract

Kebijakan merdeka belajar tentang asesmen kompetensi minimal (AKM) tidak dimaksudkan penentu kelulusan tetapi menjadi dasar perbaikan mutu pendidikan. Siswa akan diukur kemampuannya dari sisi pemahaman konten, proses dan konteks untuk mengukur kompetensi numerasi, literasi teks fiksi dan literasi teks informasi. Siswa harus dibiasakan menghadapi berbagai model soal AKM. Permasalahan yang teridentifikasi adalah kesiapan dan keterampilan para guru untuk memahami dan mengembangkan soal-soal. Tujuan studi ini menyiapkan pengetahuan dan keterampilan guru tentang AKM. Berdasarkan analisis situasi dan kondisi lapangan maka digunakan strategi lokakarya. Kegiatan dilakukan dalam 3 langkah yaitu In-1, Out, In-2 berlangsung dalam jaringan secara sinkronus – asinkronus – sinkronus memanfaatkan media komunikasi populer berupa zoom meeting, whatsapps, google drive dan google form setara dengan 32 jam. Lokakarya dikhususkan untuk mengembangkan soal-soal bidang studi mata pelajaran sesuai model AKM untuk mengukur literasi teks informasi. Hasil kegiatan menunjukkan para guru di lapangan masih memerlukan pengetahuan lebih banyak untuk dapat mengembangkan soal-soal model AKM, memerlukan keterampilan tambahan cara-cara menganalisis soal menggunakan teori tes klasik dan modern. Pengetahuan dan keterampilan tersebut penting untuk menemukan kelompok siswa yang memerlukan intervensi khusus, berkemampuan dasar, cakap, dan mahir. Selanjutnya, dapat mengambil tindakan perbaikan dan atau pengayaan pembelajaran pada masing- masing kelompok

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 08 May 2023 06:52
Last Modified: 08 May 2023 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/58007

Actions (login required)

View Item View Item