PENGARUH MOTIVASI DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TEKNIK AUDIO VIDEO DI KABUPATEN TEGAL PADA MASA PANDEMI


Subhan Mahfud, 5301417036 (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TEKNIK AUDIO VIDEO DI KABUPATEN TEGAL PADA MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5301417036 - SUBHAN MAHFUD.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi masalah multidimensi yang dihadapi dunia, dampaknya juga dirasakan pada bidang pendidikan dimana sebelumnya aktivitas belajar mengajar dilakukan secara langsung di ruang kelas. Sementara pada masa darurat pandemi, sistem pembelajaran harus beralih pada pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas belajar siswa. Kualitas belajar tersebut dibuktikan melalui prestasi belajar. Mengacu pada fakta dan penelitian sebelumnya, prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh motivasi dan penggunaan media pembelajaran jarak jauh. Berlandaskan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat adanya pengaruh motivasi dan penggunaan media pembelajaran jarak jauh terhadap prestasi belajar siswa SMK jurusan Teknik Audio Video di Kabupaten Tegal pada masa pandemi. Metode penelitian dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 1.051 siswa dari empat SMK. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 290 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan melalui hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi thitung 13,546˃ttabel 1,968, dan kontribusinya sebesar 38,9% serta persamaan regresi linier sederhananya adalah Y=1,222X1 + 11,429. Kemudian, terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran jarak jauh secara signifikan terhadap prestasi belajar dibuktikan melalui hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi thitung 15,098˃ttabel 1,968, dan kontribusinya sebesar 44,2% serta persamaan regresi linier sederhananya adalah Y=1,088X2 + 25,257. Lalu, terdapat pengaruh motivasi dan penggunaan media pembelajaran jarak jauh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa dibuktikan melalui hasil analisis regresi linear berganda dengan nilai signifikansi Fhitung 203,263˃Ftabel 3,027, dan kontribusinya sebesar 58,6% dan persamaan regresi linier bergandanya adalah Y = 0,820X1 + 0,800X2 - 2,576.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Teknik Audio Video
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 May 2023 02:08
Last Modified: 05 May 2023 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57987

Actions (login required)

View Item View Item