HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT


Arulita Ika Fibriana, - HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT. HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH RESEARCH AND DEVELOPMENT.

[thumbnail of 27. Youth Centre Model Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja di Daerah Tinggi Kehamilan Berisiko.pdf] PDF
Download (293kB)

Abstract

Jumlah kasus kematian ibu di kabupaten Kendal pada tahun 2015 sebanyak 23 kasus, tahun 2016 19 kasus, dan tahun 2017 naik menjadi 25 kasus. Desa Singorojo adalah desa yang dalam 3 tahun terakhir memiliki trend kenaikan kasus kehamilan risiko tinggi yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Youth Centre Model dalam meningkatkan pengetahuan sikap remaja di daerah kehamilan berisiko tinggi. Penelitian ini dirancang dengan desain pre-eksperimental research dengan one group pretest-posttest design yang dianalisis secara kuantitatif. Populasi penelitian adalah remaja di desa Singorojo kabupaten Kendal. Sampel ditentukan secara purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji beda dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menujukkan edukasi sebaya yang dilakukan oleh Kader Youth Centre yang telah diberi pelatihan telah mampu meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi remaja khususnya terkait seksualitas dan kehamilan berisiko tinggi (p value 0,001). Selain itu juga dapat meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya pendewasaan usia perkawinan melalui perubahan sikap remaja (p value 0,002). Simpulan menunjukkan Youth Centre dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pada siswa remaja.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Health
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 May 2023 05:46
Last Modified: 04 May 2023 05:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57950

Actions (login required)

View Item View Item