Korelasi antara Pembelajaran Seni Budaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran


Dyah Pregiwati , 2502406012 (2011) Korelasi antara Pembelajaran Seni Budaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi antara Pembelajaran Seni Budaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran]
Preview
PDF (Korelasi antara Pembelajaran Seni Budaya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya terdiri dari Seni Tari, Seni Musik, Seni Rupa dan Seni Teater yang masing-masing memiliki manfaat bagi perkembangan peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang berkaitan dengan pembelajaran pada mata pelajaran UAN (Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Permasalahan yang diteliti yaitu adakah korelasi antara pembelajaran Seni Budaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui korelasi antara pembelajaran Seni Budaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran serta mengetahui penerapan pembelajaran Seni Budaya yang berpengaruh pada mata pelajaran UAN. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Selain data berupa angka, dalam penelitian juga ada data berupa informasi kualitatif sebagai penjelasan atas hasil penelitian. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Ungaran. Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sample sebanyak 32 responden. Hasil perhitungan koefien korelasi (rxy) antara pembelajaran Seni Budaya dengan prestasi belajar Matematika sebesar 0,438 > r tabel, harga t = 2,670 > t tabel, maka terdapat hubungan yang signifikan antara Seni Budaya dengan Matematika dengan besar pengaruh 55,65%. Hasil perhitungan rxy antara Seni Budaya dengan IPA sebesar 0,362 > r table, harga t = 2,126 > t tabel, maka terdapat hubungan yang signifikan antara Seni Budaya dengan IPA dengan besar pengaruh 50,91%. Hasil perhitungan rxy antara Seni Budaya dengan Bahasa Indonesia sebesar 0,357 > r tabel, harga t = 2,093 > t table, maka terdapat hubungan yang signifikan antara Seni Budaya dengan Bahasa Indonesia dengan besar pengaruh 50,56%. Hasil perhitungan rxy antara Seni Budaya dengan Bahasa Inggris sebesar 0,421 > r tabel, harga t = 2,541 > t tabel, maka terdapat hubungan yang signifikan antara Seni Budaya dengan Bahasa Inggris dengan besar pengaruh 54,67%. Kesimpulan penelitian yaitu ada hubungan yang signifikan antara pembelajaran Seni Budaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran UAN di SMP Negeri 3 Ungaran. Faktor pendukung proses pembelajaran Seni Budaya yaitu kreativitas guru dalam pemberian materi, pemilihan materi yang menarik, pemberian apresiasi melalui contoh konkrit. Faktor penghambat yaitu waktu pembelajaran, penguasaan guru terhadap materi Seni rupa. Saran yang dapat diberikan pada penelitian adalah kepada sekolah yaitu untuk mengadakan kembali kegiatan ekstrakurikuler Seni Budaya yang terhenti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Budaya dan Prestasi Belajar UAN.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Oct 2011 06:48
Last Modified: 25 Apr 2015 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5795

Actions (login required)

View Item View Item