FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT LEPTOSPIROSIS (Studi Kasus di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang)


Arulita Ika Fibriana, - FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT LEPTOSPIROSIS (Studi Kasus di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Unnes Journal of Public Health.

[thumbnail of 21. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Penyakit Leptospirosis (Studi Kasus di Kelurahan Tandang Kecamatan Tembalang Kota Semarang).pdf] PDF
Download (275kB)

Abstract

Leptospirosis merupakan salah satu penyakit infeksi yang berbahaya yang disebabkan oleh bakteri leptospira. Pelaksanaan pencegahan penyakit leptospirosis masih mengalami hambatan. Penelitian ini adalah explanatory research dengan rancangan cross sectional. Sampel berjumlah 80 dengan responden ibu rumah tangga. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa variabel yang berhubungan dengan perilaku pencegahan penyakit leptospirosis adalah pengetahuan (p value=0,023), umur (p value=0,005), pendidikan (p value=0,000), pendapatan keluarga (p value=0,014), sumber informasi (p value=0,001), dan dukungan keluarga (p value=0,017). Variabel yang tidak berhubungan dengan perilaku pencegahan penyakit leptospirosis adalah sikap, pekerjaan, akses pelayanan kesehatan, dan pengalaman.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Health
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 04 May 2023 04:36
Last Modified: 04 May 2023 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57939

Actions (login required)

View Item View Item