PENGGUNAAN LAGU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA LONGSOR PADA SISWA PAUD AZ-ZAHRA


Izza Aufar Kusuma, 3201416073 (2022) PENGGUNAAN LAGU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KESIAPSIAGAAN BENCANA LONGSOR PADA SISWA PAUD AZ-ZAHRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201416073 - Izza Kulawawongso.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan bencana pada anak usia dini memiliki urgensi yang tinggi untuk direalisasikan. Anak usia dini merupakan salah satu kelompok rentan dalam bencana dan usia dini juga merupakan usia yang krusial bagi perkembangan anak. Namun sejauh ini, pendidikan bencana pada anak usia dini di Desa Watukumpul masih belum diterapkan dengan baik. Untuk merealisasikannya, penggunaan media lagu dinilai efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan pada siswa PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, efektivitas, dan faktor pendukung serta penghambat penggunaan lagu sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan bencana pada siswa PAUD Az-Zahra. Penelitian ini merupakan penelitian RnD dengan desain eksperimen. Penelitian dilakukan pada 30 siswa PAUD Az-Zahra Desa Watukumpul yang dipilih dengan teknik total sampling. Variabel penelitian terdiri atas implementasi pembelajaran, efektifitas penggunaan lagu, dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan lagu. Metode pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kualitatif yaitu teknik interaktif dan teknik kuantitatif meliputi teknik deskripsif persentase serta teknik uji one paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang disusun oleh guru PAUD Az-Zahra dan RPP yang disusun oleh peneliti. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lagu menjadi media yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan siswa PAUD Az-Zahra. Hal ini tercermin dari peningkatan hasil belajar siswa, tingginya aktivitas belajar siswa, dan respon siswa yang positif dan antusias terhadap pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran yang utama adalah peran guru dan faktor penghambat adalah sulitnya mengkondisikan siswa PAUD dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah bahwa pendidikan bencana pada anak usia dini harus direalisasikan di seluruh daerah di Indonesia. Untuk merealisasikannya, dibutuhkan strategi yang menarik dan tepat serta media pembelajaran yang interaktif dan sesuai dengan perkembangan siswa. Peran dari seluruh stakeholder baik pemerintah, sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat sangat diperlukan. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat dilakukan pada subjek yang lebih luas sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih reliabel dan mewakili sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bencana longsor, kesiapsiagaan bencana, lagu, musik, pendidikan anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 04 May 2023 04:24
Last Modified: 04 May 2023 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57934

Actions (login required)

View Item View Item