PENGEMBANGAN SERIOUS GAMES BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS 10 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)


Abdul Azziz Bian Azzura, 5301417019 (2022) PENGEMBANGAN SERIOUS GAMES BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS 10 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5301417019 - Abdul Azziz Bian Azzura.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abdul Azziz Bian Azzura, 2022. Pengembangan Serious Games Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Untuk Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi. Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang. Dr. Hari Wibawanto, M.T. Game merupakan salah satu kegiatan yang memiliki aturan tertentu sehingga terdapat pihak menang maupun kalah, namun biasanya berisi konten yang tidak serius atau untuk tujuan hiburan semata waktu senggang. Penggunaan game dengan intensitas waktu yang lama dapat menimbulkan efek seperti rasa candu. Kecanduan bermain game yang terjadi pada kalangan siswa sekolah dapat menyebabkan kurangnya minat belajar siswa dan sering bermain game pada saat jam pelajaran. Pada dunia pendidikan, game dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran salah satunya serious game. Selain menjadi media hiburan, serious game juga dapat menjadi motivasi, sarana untuk belajar dan edukasi. Dalam penelitian ini serious game dapat dikembangkan ke dalam teknologi augmented reality. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan research and development dengan model 4D yang terdiri atas tahapan-tahapan define, design, develop, disseminate. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang akan di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif terhadap data yang diperoleh dari angket dengan Skala Likert. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media game pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika kelas 10; dan (2) mengetahui kelayakan serious game berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran dasar listrik dan elektronika. Hasil penelitian sebagai berikut dengan persentase pengujian kelayakan media mendapatkan nilai sebesar 92.8% dengan konversi menjadi data kualitatif menyatakan bahwa kelayakan media sudah sangat layak. Sedangkan persentase xi pengujian kelayakan media mendapatkan nilai sebesar 93,3% dengan konversi data kualitatif menyatakan bahwa kelayakan materi sudah sangat layak. Simpulan penelitian adalah sebagai berikut menyatakan bahwa media pembelejaran yang telah dikembangkan dapat dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat dilanjutkan untuk pengujian keefektifitasan media pembelajaran. Saran dan rekomendasi yang dapat diberikan adalah bahwa media dapat lebih dioptimalkan dalam segi user interface dan konten untuk memberikan pengalaman bermain bagi pemain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game, serious game, augmented reality, research, and development
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2023 07:04
Last Modified: 03 May 2023 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57908

Actions (login required)

View Item View Item