PENGEMBANGAN JOBSHEET INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMKS MUHAMMADIYAH 4 WONOGIRI


Widha Finagara, 5301417018 (2022) PENGEMBANGAN JOBSHEET INSTALASI PENERANGAN LISTRIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK DI SMKS MUHAMMADIYAH 4 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5301417018 - Widha Finagara.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada pembelajaran instalasi penerangan listrik terdapat kendala kurangnya pemahaman siswa terhadap media pembelajaran praktik yang digunakan, hal tersebut terjadi karena media yang ada belum dilengkapi beberapa point penting untuk mempermudah siswa dalam belajar sehingga akan berpengaruh terhadap kelancaran proses belajar mengajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan jobsheet, mengetahui tingkat kelayakan jobsheet yang dibuat, serta mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran jobsheet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMKS Muhammadiyah 4 Wonogiri. Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R & D) yang menggunakan model penelitian Four-D Models. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner, observasi dan tes. Hasil dari penelitian mengenai pengembangan jobsheet instalasi penerangan listrik sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut: 1) penelitian pengembangan yang menggunakan model Four-D Models ini menghasilkan sumber belajar sesuai dengan silabus yaitu jobsheet instalasi penerangan listrik yang terdiri dari tiga kegiatan praktik; 2) hasil uji kelayakan jobsheet diperoleh kesimpulan bahwa jobsheet dinyatakan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran praktik yang ditinjau dari hasil analisis penilaian kelayakan media sebesar 84% dengan kategori “layak”, penilaian kelayakan materi sebesar 81% dengan kategori “layak”, dan penilaian respon siswa sebesar 83% dengan kategori “layak”; 3) hasil dari uji efektivitas diperoleh bahwa jobsheet yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dibuktikan dengan adanya peningkatan rata�rata hasil belajar siswa pada praktik 1 dan praktik 2 dari 76,13 menjadi 85,53, analisis uji paired sampel t test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 dengan nilai kurang dari 0.05 dan dibuktikan dengan perolehan N-gain sebesar 0,40 yang dikategorikan sebagai peningkatan hasil belajar yang sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Four-D Models, Instalasi Penerangan Listrik, Jobsheet, Kelayakan.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2023 06:50
Last Modified: 03 May 2023 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57904

Actions (login required)

View Item View Item