Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Banjarnegara


Desi Dwi Purnamasari , 2102407117 (2011) Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Banjarnegara]
Preview
PDF (Variasi Menutup Pelajaran Bahasa Jawa Kelas XI SMA Negeri Se-Kabupaten Banjarnegara) - Published Version
Download (402kB) | Preview

Abstract

Menutup pelajaran merupakan kegiatan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran. Kegiatan menutup pelajaran perlu dilakukan agar siswa memperoleh gambaran yang utuh tentang pokok-pokok materi yang telah diajarkan. Selain itu, dengan kegiatan ini guru juga dapat mengetahui kemampuan siswa dalam menyerap materi dan mengukur keberhasilannya dalam menyampaikan materi tersebut. Oleh karena itu, agar kegiatan ini berjalan dengan baik guru perlu menguasai komponen-komponen menutup pelajaran. Kemampuan guru dalam menguasai komponen-komponen menutup pelajaran berbeda-beda. Hal ini mengindikasikan adanya variasi menutup pelajaran yang terjadi di kalangan guru. Hal inilah yang menarik untuk dilakukannya penelitian berkaitan dengan variasi menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru-guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI di SMA Negeri se- Kabupaten Banjarnegara. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana variasi menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru-guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan variasi menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru-guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas XI di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan para guru bahasa Jawa. Sumber data penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Jawa kelas XI di SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu tahap pencatatan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menutup pelajaran yang dilakukan oleh delapan guru bahasa Jawa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Banjarnegara bervariasi. Variasi muncul berdasarkan penguasaan komponen menutup pelajaran tiap-tiap guru berbeda. Komponen-komponen tersebut berupa meninjau kembali, mengevaluasi, memberikan tindak lanjut, dan menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru mampu mengatur jam pelajaran yang tersedia dan melaksanakan setiap komponen menutup pelajaran dengan baik. Kegiatan menutup pelajaran tidak hanya dilakukan jika masih ada waktu yang tersedia di akhir pembelajaran ataupun ketika ada kegiatan monitoring dan pengawasan dari kepala sekolah, akan tetapi harus dilakukan di setiap akhir kegiatan belajar-mengajar setelah kegiatan inti. Hal ini perlu dilakukan agar tujuan dari kegiatan menutup tersebut dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Jawa, menutup pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Oct 2011 06:25
Last Modified: 25 Apr 2015 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5790

Actions (login required)

View Item View Item