Peran Mediasi Self-Efficacy dalam Hubungan Kecerdasan Emosional, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Penalaran Statistik


Subekti, F E and Sukestiyarno, Y L and Wardono, Wardono and Rosyida, Isnaini (2021) Peran Mediasi Self-Efficacy dalam Hubungan Kecerdasan Emosional, Kecemasan Matematis dan Kemampuan Penalaran Statistik. In: Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang.

[thumbnail of jurnal dengan fitrianto sem nas statistika.pdf] PDF
Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model hubungan kecerdasan emosional, kecemasan matematis, self efficacy dengan kemampuan penalaran statistik. Untuk mendapatkan model hubungan digunakan uji analisis jalur dengan self-efficacy sebagai variabel moderator. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mendapatkan data kecerdasan emosional, kecemasan matematis, dan self-efficacy. Tes digunakan untuk mendapatkan data kemampuan penalaran statistik. Hasil analisis jalur diperoleh bahwa kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan penalaran statistik baik secara langsung maupun melalui self-efficacy dengan pengaruh total 0,494. Sedangkan kecemasan matematis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap self- efficacy maupun terhadap kemampuan penalaran statistik. Perlu pembiasaan aktifitas yang mendorong kecerdasan emosional dan self- efficacy mahasiswa. Harapannya dengan kecerdasan emosional dan self efficacy yang semakin baik akan mendorong kemampuan penalaran statistik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: 130-135,2021,e,emosional,emotional intelligence,f,how to cite,hubungan kecerdasan,i,indonesia,kecemasan matematis dan kemampuan,l,mathematical anxiety,penalaran statistik,peran mediasi self-efficacy dalam,prosiding seminar nasional pascasarjana,rosyida,self-efficacy,statistical reasoning,subekti,sukestiyarno,universitas negeri semarang,w,wardono,y
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 03 May 2023 05:15
Last Modified: 03 May 2023 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57854

Actions (login required)

View Item View Item