EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING


Dita Dwi Apriliyani, 5301417011 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR-DASAR TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5301417011 - Dita Dwi Apriliyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu pendidikan. Kemunculan Covid-19 membuat sekolah dilaksanakan secara daring. Hal ini mengakibatkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah penggunaan e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat desain e�learning berbasis moodle untuk mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-learning berbasis moodle untuk mata pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika, (3) Mengetahui efektivitas e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Dasar�dasat Teknik Elektronika. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Tahap pengembangan e-learning meliputi: uji validasi ahli media dan materi, setelah validasi ahli memenuhi kategori layak kemudian diimplementasikan pada penelitian. Penelitian diawali dengan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel. Dilanjutkan dengan pemberian perlakuan berupa penggunaan e�learning berbasis moodle pada kelas X Teknik Elektronika. Kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan posttest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Setelah itu, data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas gain dan uji t. E-learning yang dikembangkan dapat diakses melalui alamat online.learningsmkamga.com. Hasil uji validasi ahli menunjukkan bahwa e�learning yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase uji ahli media sebesar 83.92% dengan kriteria ‘Layak’ dan hasil uji ahli materi sebesar 88.57% dengan kriteria ‘Sangat Layak’. Analisis N-gain memperoleh hasil 0.7 dengan kategori sedang yang menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pemberian tindakan berupa e�learning. Perhitungan hasil akhir dengan uji t diperoleh thitung = 25.73 dan ttabel 2.03, sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah thitung > ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dimana dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Moodle, Hasil Belajar, Kognitif
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2023 06:39
Last Modified: 03 May 2023 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57853

Actions (login required)

View Item View Item