“RANCANG BANGUN KOMPOR GAS OTOMATIS PADA PEREBUSAN NIRA AREN BERBASIS PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER DAN INTERNET OF THINGS (IOT)”


Arik Annas Ma’ruf, 5301415042 (2022) “RANCANG BANGUN KOMPOR GAS OTOMATIS PADA PEREBUSAN NIRA AREN BERBASIS PEMROGRAMAN MIKROKONTROLER DAN INTERNET OF THINGS (IOT)”. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5301415042 - Arik Annas Ma'ruf.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nira aren adalah cairan manis yang diperoleh dari penyadapan tandan bunga aren yang belum mekar. Penyadapan nira dilakukan sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari. Nira mudah mengalami fermentasi karena kontaminasi mikroba. Di Dusun Kalikesek Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, nira aren dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan gula aren. Pembuatan gula aren masih dilakukan secara konvensional dengan merebus nira pada tungku kayu bakar sampai mengental. Untuk merebus 12 liter nira membutuhkan waktu 4-5 jam. Sifat nira yang mudah mengalami fermentasi mengharuskan untuk dilakukan perebusan segera setelah nira diambil dari pohon minimal sampai nira aren tersebut mendidih sehingga nira aren dapat diolah menjadi gula di waktu berikutnya. Hal ini dapat mengurangi efisiensi waktu dari warga yang akan pergi untuk melakukan pekerjaan utamanya sebagai petani, buruh, peternak dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan membuat sistem kontrol otomatis pada kompor gas LPG yang dapat digunakan untuk merebus nira aren tanpa harus ditunggui. Sistem tersebut menggunakan sensor suhu DS18B20 untuk mendeteksi suhu perebusan nira. Wemos D1 R1 sebagai pusat kendali, LCD I2C dan sistem monitoring berbasis IoT denga aplikasi BLYNK sebagai penampil nilai suhu yang dibaca secara real-time, serta Solenoid Gas Valve untuk membuka atau menutup aliran gas pada kompor. Dari hasil pengujian alat diperoleh bahwa saat nilai suhu perebusan nira telah mencapai setpoint 96 oC dengan delay 1 menit agar nira mendidih sempurna, Solenoid Gas Valve menutup aliran gas pada kompor sehingga api pada kompor akan mati. Selanjutnya sistem mengirimkan notifikasi jika nira sudah mendidih dan kompor berhasil dimatikan pada LCD 16x2 dan aplikasi BLYNK pada perangkat android

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nira Aren, Suhu, Internet of Thinks, Blynk
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 May 2023 02:24
Last Modified: 03 May 2023 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57828

Actions (login required)

View Item View Item