Keterampilan E-Counseling bagi Konselor Pendidikan dalam Meningkatkan Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah pada Era Digital 5.0


Mulawarman, FIP Bimbingan Konseling (2021) Keterampilan E-Counseling bagi Konselor Pendidikan dalam Meningkatkan Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah pada Era Digital 5.0. Quanta, 5 (2). ISSN 2614-6223

[thumbnail of 53. Keterampilan E-Counseling bagi Konselor Pendidikan.pdf] PDF - Published Version
Download (332kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi membawa perubahan ke arah masyaarakat digital 5.0. perubahan ini berdampak ke semua sektor kehidupan termasuk didalamnya sektor pendidikan. Bimbingan dan konseling sebagai integral dari sektor Pendidikan harus mampu beradaptasi agar bisa terus relevan dengan perkembangan zaman. E-Counseling merupakan layanan bimbingan dan konseling yang terintergasi dengan teknologi dan sejalan dengan perubahan ke arah masyarakat digital 5.0. dalam ECounseling konselor harus menguasai ketrampilan dasar konseling ditambah dengan penguasaan teknologi. Sampai sekarang belum ada metode pakem dalam pelakasaan E-Counseling, walaupun demikian layanan E-Counseling sangat direkomendasikan karena relevan dengan perkembangan digital 5.0. penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan dengan tujuan untuk mengeksplorasi ECounseling, dan implementasinya dalam era digital 5.0 bagi konselor Pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Konseling, Masyarakat Digital 5.0, Konselor pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 May 2023 06:52
Last Modified: 02 May 2023 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57816

Actions (login required)

View Item View Item