Kontribusi Harga Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perbandingan Sosial pada Siswa Pengguna Media Sosial


Mulawarman, FIP Bimbingan Konseling (2021) Kontribusi Harga Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perbandingan Sosial pada Siswa Pengguna Media Sosial. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5 (2). pp. 225-236. ISSN 2580-2046

[thumbnail of 47. Kontribusi Harga Diri dan Motivasi Berprestasi.pdf] PDF - Published Version
Download (897kB)

Abstract

Penelitian dilandasi fenomena sosial yang terjadi dimana-mana, hampir setiap individu pernah melakukan perbandingan sosial dan salah satu tempat terjadinya perbandingan sosial adalah lingkungan sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial pada siswa SMAN pengguna Instagram di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Populasi penelitian merupakan siswa SMAN di Kecamatan Kembangan Jakarta Barat berjumlah 2460 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 304 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dengan perbandingan sosial ( β = 0,240, p = 0,000), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (β = 0,105, p = 0,000), (3) terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dan motivasi berprestasi dengan perbandingan sosial (R = 0,521, F = 56,005, dan p = 0,000)

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : self-esteem, achievement motivation, social comparison
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 May 2023 06:34
Last Modified: 02 May 2023 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57810

Actions (login required)

View Item View Item