Keefektifan Kelompok Psikoedukasi dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa


Mulawarman, FIP Bimbingan Konseling (2019) Keefektifan Kelompok Psikoedukasi dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, 5 (1). pp. 34-49. ISSN 2460-4917

[thumbnail of 35. Keefektifan Kelompok Psikoedukasi dengan Teknik Modeling.pdf] PDF - Published Version
Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis keefektifan layanan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan non-equivalent group pre-test post-test control group design. Teknik random assignment sampling digunakan untuk memilih 10 orang subjek eksperimen yang ditempatkan ke dalam dua kelompok sehingga setiap kelompok terdiri atas lima orang siswa. Pengumpulan data menggunakan goal attainment scale (GAS), hasil uji koefesiensi regresi uji F anova menunjukkan bahwa layanan kelompok psikoedukasi teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa yangmana diperoleh F tabel=4,46; dengan p<0,05 sehingga kelompok eksperimen terbukti memberikan efek signifikan dengan nilai F=73,164; p=0,00 sedangkan kelompok kontrol F=4,151; p=0,76. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa layanan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kelompok psikoedukasi, teknik modeling, keterampilan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 May 2023 04:27
Last Modified: 02 May 2023 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57795

Actions (login required)

View Item View Item