Integrasi Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Passive Music Therapy untuk Mereduksi Academic Anxiety, Efektifkah?


Mulawarman, FIP Bimbingan Konseling (2018) Integrasi Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Passive Music Therapy untuk Mereduksi Academic Anxiety, Efektifkah? Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3 (2). pp. 49-58. ISSN I2503-3417 (online) 2548-4311 (print)

[thumbnail of 26. Integrasi Konseling Kelompok Cognitive Behavior.pdf] PDF - Published Version
Download (654kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) dengan teknik passive music therapy dalam mereduksi academic anxiety mahasiswa penyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental (pretest, posttest, dan follow-up). Konseling kelompok dilaksanakan selama lima pertemuan, dan follow-up dilakukan dua minggu setelah treatment. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tujuh mahasiswa. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu didasarkan pada kriteria inklusi dan tingkat academic anxiety yang diperoleh dari academic anxiety scale (rxy = 0.536-0.823, coefficient alpha = 0.963). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan CBT dengan teknik passive music therapy secara signifikan efektif untuk mereduksi academic anxiety mahasiswa pada saat pretest vs posttest dan pretest vs follow-up, namun pada saat posttest vs follow-up terjadi sedikit peningkatan academic anxiety. Passive music therapy yang diintegrasikan dalam konseling kelompok pendekatan CBT tidak hanya dapat mengatasi masalah individu, tetapi juga dapat membantu individu menganalisis pikiran dan perilaku mereka sendiri, melalui aktivitas musik pasif dengan guided imagery

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : group counseling; cognitive behavior therapy; passive music therapy; academic anxiety
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling > Group Counseling
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 02 May 2023 03:50
Last Modified: 02 May 2023 03:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57785

Actions (login required)

View Item View Item