Berpikir Kreatif dan analisis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Posing ditinjau dari Skimming and Mind Mapping Gelombang Mekanik


Ellianawati, MIPA P Fisika (2021) Berpikir Kreatif dan analisis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Posing ditinjau dari Skimming and Mind Mapping Gelombang Mekanik. Unnes Physics Education Journal, 10 (1). ISSN 2252-6935

[thumbnail of 27 Berpikir Kreatif dan Analisis Peserta Didik.pdf] PDF - Published Version
Download (940kB)

Abstract

Berpikir kreatif dan analisis merupakan kemampuan yang dibutuhkan peserta didik dalam mempelajari Fisika pada pokok bahasan gelombang mekanik dengan mengembangkan ide/gagasan sehingga dapat dianalisis melalui contoh kehidupan sehari-hari. Kemampuan berpikir kreatif dan analisis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Dempet Kabupaten Demak ketika belajar fisika kurang maksimal dan lebih cepat merasa bosan. Hal tersebut dikarenakan peserta didik masih bergantung pada rumus-rumus yang digunakan tanpa mengetahui konsep, serta pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan hanya diam memperhatikan penjelasan guru. Pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan analisis adalah menggunakan model pembelajaran Problem Posing ditinjau dari skimming and mind mapping, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan analisis. Pada penelitian ini menggunakan mixed methods dan sampel dipilih melalui teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran Problem Posing ditinjau dari skimming and mind mapping, sedangkan kelas kontrol diberikan model pembelaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin peserta didik mengikuti dengan baik pembelajaran menggunakan Problem Posing melalui teknik skimming and mind mapping maka semakin baik juga hasil tes kemampuan akhir berpikir kreatif dan analisis. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan triangulasi pada setiap kategori pengamatan skimming and mind mapping dengan hasil kemampuan akhir berpikir kreatif dan analisis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analyze, creative, problem posing, skimming and mind mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 May 2023 03:17
Last Modified: 01 May 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57718

Actions (login required)

View Item View Item