Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash


Ellianawati, MIPA P Fisika (2018) Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Praktikum Asas Black Berbasis Problem Based Learning dan Berbantuan Makromedia Flash. Physics Communication, 2 (1). pp. 70-75. ISSN 2528-598X

[thumbnail of 11 Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa.pdf] PDF - Published Version
Download (315kB)

Abstract

Pembelajaran di dalam laboatorium membantu siswa dalam mengasah keterampilan mereka menemukan masalah yang ada dalam pembelajran. Siswa dapat berperan aktif dalam pelaksanaan praktikum dan dapat mengobservasi masalah apa yang terjadi serta menemukan cara penyelesaian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif peserta didik SMK Cordova Margoyoso setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Hasil analisis menggunakan skor rata-rata tes pre test awal sebesar 17,25 dan skor rata-rata post tes akhir sebesar 33,85. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash. Model Problem Based Learning dalam praktikum asas black menggunakan makromedia flash mengharuskan siswa aktif dan membiasakan untuk berpikir kreatif. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mampu menyelesaikan masalah dengan cara yang fleksibel dan mempunyai alasan mengapa memilih cara tersebut (elaborasi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem-basedlearning, Makromedia flash, Creative Thinking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 01 May 2023 02:37
Last Modified: 01 May 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57698

Actions (login required)

View Item View Item