Representasi Kebijakan Pendidikan Dalam Dimensi Praktik Kewacanaan Dalam Surat Kabar Berskala Nasional Dan Regional


Rahmania, SA and Rustono, R and Santoso, WJ (2018) Representasi Kebijakan Pendidikan Dalam Dimensi Praktik Kewacanaan Dalam Surat Kabar Berskala Nasional Dan Regional. Lingua, XIV (2). pp. 157-174. ISSN 2549-3183

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (401kB)

Abstract

Media massa dalam pandangan positivisme merupakan media informasi yang selalu memperhatikan aktualisasi dan objektivitas dalam menyampaikan informasi sehingga tidak ada unsur keberpihakan di dalamnya. Namun, dalam pandangan kritis, media massa bukanlah saluran yang bebas dan netral termasuk dalam memberitakan kebijakan pendidikan full day school dan moratorium ujian nasional. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti ihwalrepresentasi kebijakan pendidikan dalam teks berita Harian Kompas, Harian Jawa Pos, dan Harian Suara Merdeka.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dan pendekatan teoretis, yaitu analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak, cakap, studi pustaka, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis data, kebijakan pendidikan tersebut direpresentasikan secara positif dan negatif.Representasi tersebut ditentukan oleh praktik kewacanaan ketiga media massa tersebut, seperti menolak, mendukung, atau menggiring opini masyarakat seperti yang diinginkan media.

Item Type: Article
Additional Information: Query date: 2023-04-30 13:58:06
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repositori Dosen Unnes
Date Deposited: 02 May 2023 02:06
Last Modified: 02 May 2023 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57672

Actions (login required)

View Item View Item