SINTESIS DAN KARAKTERISASI ZEOLITIC IMIDAZOLE FRAMEWORKS SEBAGAI BAHAN ANODA PADA BATERAI MENGGUNAKAN PROSES SOLVOTERMAL


Urwatun Wusko, 5213418053 (2022) SINTESIS DAN KARAKTERISASI ZEOLITIC IMIDAZOLE FRAMEWORKS SEBAGAI BAHAN ANODA PADA BATERAI MENGGUNAKAN PROSES SOLVOTERMAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5213418053 - Urwatun Wusko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Zeolitic Imidazolate Frameworks memiliki potensi besar sebagai bahan penyimpan energi karena dapat meningkatkan konduktivitas listrik dan menghambat pengurangan volume anoda berbasis oksida logam. Tujuan penelitian ini untuk menentukan suhu optimum sintesis ZIF dari bahan Zinc Nitrate Hexahydrate dan 2-methylimidazole dalam pelarut metanol menggunakan proses solvotermal. Kajian difokuskan pada pengaruh suhu terhadap sifat-sifat ZIF yang difabrikasi. Optimasi suhu dilakukan dengan cara memvariasikan suhu pemanasan 110C - 170C. Ditemukan bahwa suhu sintesis optimum ZIF adalah 150C. Sifat�sifat kristal dan morfologi ZIF diamati dan dianalisis menggunakan XRD, FTIR, SEM, sedangkan sifat-sifat kelistrikan diuji menggunakan IV Meter. Pada karakterisasi XRD ditemukan adanya puncak-puncak tajam yang menunjukkan kristal ZIF pada sudut 2 13.29, 14.35, 16.23. Spektra FTIR ZIF menunjukkan adanya ikatan Zn-N pada bilangan gelombang 431 cm-1 , hasil interaksi antara Zinc dengan atom nitrogen dari kelompok methylimidazole yang membentuk imidazolate. Morfologi ZIF berbentuk dodecahedron. Sifat konduktivitas listrik ZIF ditemukan dari kurva analisis IV Meter ZIF yang membentuk grafik eksponensial positif dengan arus tertinggi mencapai 0,0030 A. Struktur kristal, gugus karbon, dan sifat konduktivitas ZIF tersebut menunjukkan adanya potensi untuk dijadikan bahan anoda baru pada baterai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Baterai, dodecahedron, Imidazolate, Solvotermal, ZIF
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:14
Last Modified: 28 Apr 2023 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57631

Actions (login required)

View Item View Item