Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP


Dwi Yulianti, FMIPA P Fisika (2011) Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7. pp. 23-27. ISSN 1693-1246

[thumbnail of 6 Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities.pdf] PDF - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Sertifikat  Akreditasi JPFI.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran berbasis Hands on Activities, menumbuhkan kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data kemampuan berpikir kritis, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi, hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis meningkat secara signifikan disertai dengan peningkatan jumlah siswa yang termasuk kategori kritis maupun sangat kritis. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan secara signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis Hands on Activities dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: critical thinking; Hands on activities (HOA); classroom action research
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:22
Last Modified: 27 Apr 2023 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57591

Actions (login required)

View Item View Item