Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP
Dwi Yulianti, FMIPA P Fisika (2011) Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7. pp. 23-27. ISSN 1693-1246
PDF
- Published Version
Download (51kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran berbasis Hands on Activities, menumbuhkan kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan hasil belajar siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data kemampuan berpikir kritis, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi, hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan berpikir kritis meningkat secara signifikan disertai dengan peningkatan jumlah siswa yang termasuk kategori kritis maupun sangat kritis. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan secara signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran fisika berbasis Hands on Activities dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis serta meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | critical thinking; Hands on activities (HOA); classroom action research |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Education System |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 06:22 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 08:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57591 |
Actions (login required)
View Item |