DESAIN MENARA DISTILASI PADA PRARANCANGAN PABRIK ASAM FORMIAT DARI METIL FORMAT DAN AIR DENGAN PROSES BETHLEHEM KAPASITAS 15.000 TON/TAHUN


Naila Khoirina, 5213418018 (2022) DESAIN MENARA DISTILASI PADA PRARANCANGAN PABRIK ASAM FORMIAT DARI METIL FORMAT DAN AIR DENGAN PROSES BETHLEHEM KAPASITAS 15.000 TON/TAHUN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5213418018 - Naila Khoirina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asam formiat merupakan asam lemah yang berpotensi sebagai penyimpan hidrogen, sehingga dapat dimanfaatkan secara langsung sebagai bahan bakar teknologi sel bahan bakar, dalam penggunaan ini asam formiat dapat menghasilkan gas hidrogen yang bertindak sebagai donor hidrogen dalam air atau pelarut lainnya. Asam formiat sebagai asam lemah yang digunakan sebagai penyimpan energi dan sintesis kimia memiliki sifat yang unik seperti tidak beracun, densitas energi yang menguntungkan, dan biodegradabilitas. Selain sebagai bahan bakar, banyak industri yang memanfaatkan asam formiat untuk bahan pada pembuatan tekstil, pencelupan, koagulan pada karet, sebagai conditioner pada industri penyamakan kulit, desinfektan dan bahan pengawet pada industri farmasi, pada industri makanan ternak asam formiat digunakan sebagai zat aditive anti salmonela. Asam formiat merupakan turunan pertama dari asam karboksilat yang memiliki sifat yang mudah menguap, tidak berwarna, dan mempunyai bau yang menyengat. Pabrik asam formiat yang berada di Indonesia masih sangat minim produksinya serta sangat bahan baku asam formiat sangat dibutuhkan dalam negeri. Dalam hal ini akan didirikan pabrik asam formiat dengan proses bethlehem berbahan baku metil format dan air berkapasitas 15.000 ton/tahun yang akan memenuhi kebutuhan asam formiat di Indonesia dan luar negeri. Dalam produksi asam formiat tentunya membutuhkan proses pemisahan. Berdasarkan pertimbangan yang telah dilakukan alat pemisah yang digunakan yaitu menara distilasi jenis tray tower dengan prinsip kerja berdasarkan beda titik didihnya atau volatilitasnya denganbantuan tekanan (pressure swing distillation). Bahan menara distilasi yaitu Stainless Steel SA-167 Grade 3 type 304, jumlah plate sebanyak 40 buah, 0,2 m tray spacing. Lokasi umpan terhadap menara distilasi pada plate ke 43 dari bawah. Sedangkan untuk tinggi menara 14,14 m, diameter sebesar 1,6 m, diameter lubang 5 mm, hole pitch 14,25 mm, jumlah lubang aktif 8543 buah dan tebal plate 5 mm. Kemurnian asam formiat yang dihasilkan sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asam Formiat, Kesetimbangan Uap-Cair, Pressure Swing Distillation.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:21
Last Modified: 27 Apr 2023 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57589

Actions (login required)

View Item View Item