Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content knowledge (TPACK) Calon Guru pada Mata Kuliah PP BIO


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2017) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content knowledge (TPACK) Calon Guru pada Mata Kuliah PP BIO. In: Strategi Pengembangan Pembelajaran dan Penelitian Sains untuk Mengasah Keterampilan Abad 21, UNS Surakarta.

[thumbnail of 41 Analisis Kemampuan Technological Pedagogical.pdf] PDF - Published Version
Download (605kB)

Abstract

Pendidikan calon guru biologi masa depan dihadapkan pada isu integrasi pengetahuan konten, pedagogi dan teknologi (TPACK/technological pedagogical content knowledge). Calon guru diharapkan menjadi guru yang terampil mengajar dengan efektif, menguasai materi (konten biologi) dan mampu memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan TPACK calon guru Biologi pada mata kuliah Pengelolaan Pengajaran Biologi (PP Bio). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan TPACK calon guru biologi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi yang menempuh Mata Kuliah PP Bio pada semester gasal 2017/2018. Kemampuan TPACK calon guru diperoleh dengan menganalisis instrumen CoRe dan PaPeR. TPACK pada penelitian ini meliputi tiga komponen utama pengetahuan guru yaitu konten, pedagogi, dan teknologi. Berdasarkan analisis CoRe dan PaPeR, calon guru dapat menyusun ide besar untuk mengembangkan materi ajar 3 sampai 5 ide besar; calon guru biologi sudah baik dalam mengelola waktu mengajar dan sudah baik kemampuannya dalam memilih strategi pembelajaran (85%). Masih ada 77% calon guru menunjukkan kesulitan dalam mengelola kelas yang efektif. Pada aspek penguasaan konten menunjukkan ada 62% calon guru memiliki penguasaan konsep dengan benar, sedangkan 38% memiliki penguasaan konsep yang tidak mendalam, dan ada yang mengarah pada miskonsepsi. Penggunaan sumber belajar berbasis teknologi informasi dan komputer masih perlu dimaksimalkan karena masih terbatas jenisnya (power point, video, internet), masih sedikit yang menggunakan (32%), serta pemilihan sumber belajar dan media yang kurang relevan untuk pencapaian kompetensi dasar. Simpulan dari penelitian ini bahwa kemampuan TPACK calon guru masih perlu ditingkatkan pada beberapa aspek penguasaan konten, pedagogik dan teknologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Technological pedagogical and content knowledge, calon guru, PP Bio
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 03:06
Last Modified: 27 Apr 2023 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57554

Actions (login required)

View Item View Item