Pengembangan Karakter Konservasi untuk Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mengajar Di Daerah Terluar, Terdepan, Dan Tertinggal (PPG-SM3T
Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2014) Pengembangan Karakter Konservasi untuk Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mengajar Di Daerah Terluar, Terdepan, Dan Tertinggal (PPG-SM3T. Lembaran Ilmu Kependidikan, 43 (2). ISSN 0216-0847
PDF
- Published Version
Download (695kB) |
Abstract
Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah dipercaya sebagai salah satu penyelenggara PPG-SM3T angkatan pertama tahun 2013. Universitas berketetapan untuk menyelenggarakan perkuliahan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi (KBKK). Terdapat 11 nilai karakter konservasi yang ingin dikembangkan Unnes sebagai penciri profil lulusannya. Nilai prakondisi karakter yang telah dimiliki universitas konservasi ini adalah takwa, bersih, rapih, nyaman, dan santun. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai karakter konservasi bagi mahasiswa PPG-SM3T melalui pembelajaran berbasis strategi Jelajah Alam Sekitar (JAS). Data diambil melalui observasi saat pembelajaran pada semester 1 dan angket, kemudian dipaparkan untuk dinarasikan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui inisiatif mahasiswa telah berkembang nilai nasionalis tetapi hanya 36% yang menyatakan ingin kembali ke daerah 3T, itupun dengan syarat setelah 3-5 tahun dapat kembali ke Jawa. Program studi telah mendidik melalui pembiasaan dalam pembelajaran SSP sehingga berkembang sikap demokratis, peduli, dan santun
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Conservation character, PPG SM3T |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Conservation |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 02:04 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 02:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57529 |
Actions (login required)
View Item |