Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Karakter dan Konservasi


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2013) Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Karakter dan Konservasi. Unnes Journal of Biology Education, 2 (2). ISSN 2252-6579

[thumbnail of 26 Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching.pdf] PDF - Published Version
Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur efektivitas pembelajaran dengan metode Quantum Teaching pada pendekatan Jelajah Alam Sekitar berbasis karakter dan konservasi terhadap aktivitas dan hasil belajar serta karakter siswa di SMP N 1 Bae Kudus. Pembelajaran dikatakan efektif apabila secara klasikal minimal 80% siswa mencapai KKM dan keaktifan siswa menunjukkan ≥ 75% aktif serta respon karakter sikap siswa baik. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimental menggunakan desain Control group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah kelas VII F dan VII G yang ditentukan secara purposive random sampling. Variabel bebas meliputi penerapan Metode Quantum Teaching pada pendekatan JAS berbasis karakter dan konservasi, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Pengujian menggunakan uji t menunjukkan selisih pretest-posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hasil analisis uji n-gain aktivitas belajar siswa kelas eksperimen diperoleh rerata klasikal yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Analisis karakter siswa yang diukur dengan skala sikap diperoleh rata-rata baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Quantum Teaching pada pendekatan JAS berbasis karakter dan konservasi efektif diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Character; Conservation; JAS (Jelajah Alam Sekitar); Quantum Teaching method;______
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 01:58
Last Modified: 27 Apr 2023 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57527

Actions (login required)

View Item View Item