Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia


Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2012) Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1). pp. 47-53. ISSN 2252-6579

[thumbnail of 23 Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia.pdf] PDF - Published Version
Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dan mengetahui apakah pengembangan LKS berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa dan layak digunakan sebagai bahan pendamping bahan ajar kelas X di SMA N 12 Semarang. LKS yang beredar di pasaran bukanlah LKS yang sebenarnya, di sekolah ditemui pengunaan jenis LKS yang sebenarnya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal, terutama pilihan ganda. Pertanyaan yang terdapat di dalam LKS bisa dijawab siswa dengan melihat materi yang ada di dalam LKS sehingga kurang melatih siswa berpikir kritis dan mandiri. Dalam penelitiaan ini LKS yang sudah ada di SMAN 2 Ungaran dan di SMA N 12 Semarang akan dikembangkan dan divalidasi oleh para pakar media dan guru biologi di kedua sekolah. Penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh bukti identifikasi kelyakan dan keefektifan LKS. Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKS sesuai kriteria dari BSNP yaitu sa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: animal; critical thinking; learning resources; student worksheet
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Apr 2023 01:51
Last Modified: 27 Apr 2023 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57523

Actions (login required)

View Item View Item