Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia
Saiful Ridlo, FMIPA P Biologi (2012) Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1). pp. 47-53. ISSN 2252-6579
PDF
- Published Version
Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dan mengetahui apakah pengembangan LKS berpengaruh efektif terhadap hasil belajar siswa dan layak digunakan sebagai bahan pendamping bahan ajar kelas X di SMA N 12 Semarang. LKS yang beredar di pasaran bukanlah LKS yang sebenarnya, di sekolah ditemui pengunaan jenis LKS yang sebenarnya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal, terutama pilihan ganda. Pertanyaan yang terdapat di dalam LKS bisa dijawab siswa dengan melihat materi yang ada di dalam LKS sehingga kurang melatih siswa berpikir kritis dan mandiri. Dalam penelitiaan ini LKS yang sudah ada di SMAN 2 Ungaran dan di SMA N 12 Semarang akan dikembangkan dan divalidasi oleh para pakar media dan guru biologi di kedua sekolah. Penelitian ini menggunakan metode angket untuk memperoleh bukti identifikasi kelyakan dan keefektifan LKS. Data dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKS sesuai kriteria dari BSNP yaitu sa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | animal; critical thinking; learning resources; student worksheet |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Apr 2023 01:51 |
Last Modified: | 27 Apr 2023 01:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57523 |
Actions (login required)
View Item |