PENGARUH SUHU TERHADAP KESETIMBANGAN TERMODINAMIKA PADA EKSTRAKSI FENOL DARI BIO-OIL HASIL PIROLISIS KULIT PISANG KEPOK MENGGUNAKAN NRTL (Non-Random Two Liquid)


Ghiyar Ragil Alfath, 5213417027 (2022) PENGARUH SUHU TERHADAP KESETIMBANGAN TERMODINAMIKA PADA EKSTRAKSI FENOL DARI BIO-OIL HASIL PIROLISIS KULIT PISANG KEPOK MENGGUNAKAN NRTL (Non-Random Two Liquid). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 5213417027 - Ghiyar Ragil Alfath.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (959kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan energi yang terus meningkat berbanding lurus dengan peningkatan emisi gas CO2. Sehingga dibutuhkan energi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan energi sekaligus dapat mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaannya. Energi terbarukan merupakan energi yang ramah lingkungan karena memiliki nilai emisi gas buang yang sangat rendah. Salah satu energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan adalah bio-oil. Bio-oil dihasilkan melalui pirolisis cepat dengan suhu 500°C. Namun, bio-oil hasil pirolisis dari biomassa kulit pisang kepok (Musa acuminata x balbisiana Colla) mengandung senyawa fenol sebesar 27,05% yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin karena bersifat korosif. Bio-oil hasil pirolisis kulit pisang kepok perlu ditingkatkan dengan melakukan ekstraksi senyawa fenol agar sesuai dengan standar karakteristik bio-oil. Ekstraksi senyawa fenol dilakukan dengan cara ekstraksi cai-cair pada kecepatan pengadukan 300 rpm menggunakan pelarut metanol 80% dan klorofom dengan suhu 35°C, 40°C dan 45°C selama 60 menit. Hasil ekstraksi diuji menggunakan Spektrofotometer UV�Vis yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemodelan kesetimbangan termodinamika dengan persamaan Non-Random Two-Liquid (NRTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu terhadap permodelan kesetimbangan cair-cair serta untuk mengetahui kondisi kesetimbangan cair-cair pada ekstraksi senyawa fenol dari bio-oil hasil pirolisis kulit pisang kepok menggunakan persamaan NRTL. Korelasi interaksi biner antara data eksperimen dan data perhitungan pemodelan kesetimbangan termodinamika menggunakan persamaan NRTL pada ekstraksi senyawa fenol dari bio-oil hasil pirolisis kulit pisang kepok menunjukkan hasil yang baik dengan nilai Root-Mean Square Deviation (RMSD) terendah pada suhu ekstraksi 45°C dengan nilai 0,064708 atau 6,47%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bio-oil, fenol, ekstraksi cair-cair, NRTL
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 26 Apr 2023 07:39
Last Modified: 26 Apr 2023 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57443

Actions (login required)

View Item View Item